Selasa, 28 Agustus 2012

kenangan


Pantai Sundak
Pantai ini terkenal dengan panorama alam hijau yang menyatu dengan suasana pantai yang menyegarkan, biasa digunakan sebagai ajang lokasi perkemahan bagi wisata remaja.

 
Pantai Krakal
Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.

Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.

Pantai Kukup
Berwisata ke pantai Kukup, merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak. Pantai Baron berpasir putih kekuning - kuningan.

Goa - goa karang yang teduh, serta ikan hias air laut banyak didapati di daerah ini dan sangat memikat para wisatawan. Menikmati keindah-an salah satu pantai laut Indonesia yang sangat mem-pesona, wisatawan bisa naik ke bukit karang di pinggir pantai antara Baron dan Kukup, melalui jalan - jalan setapak.

Adapun berbagai jenis ikan hias air laut dapat disaksikan pengunjung melalui Aquarium ikan hias air laut yang ada di Pantai Kukup.

Pantai Wedi Ombo
Pantai Wediombo merupakan pantai yang masih alami dengan panoramanya yang sangat indah, terletak di desa Jepitu Kecamatan Girisubo + 46 km diarah Tenggara kota Wonosari. Keunikannya pantai ini berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih yang membentang luas tampak dikelilingi perbukitan kapur dan pepohonan yang rindang di sepanjang pantai.

Pemandangan alam perbukitan dan Pantai yang dapat dilihat secara terbuka baik dari atas (dataran dan perbukitan) maupun dari pesisir pantai, sehingga memungkinkan bagi wisatawan untuk menikmati panorama sunset yang sempurna.

Melalui Pantai Gremeng sebelah Timur pantai Wediombo terdapat Pulau Kalong (sebuah pulau kecil yang dihuni ribuan kalong) yang dapat dicapai dengan Tracking melalui jalan setapak + 1,5 Km.

Pantai Ngrenehan
Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari + 30 km disebelah Selatan Kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih.

Para wisatawan dapat menyaksikan aktifitas nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh. Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan + 1 Km. di sebelah Barat terdapat pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap Bulan Purnama pada hari Raya Nyepi di Pantai Ngobaran dilaksanakan upacara Melasti.

Pantai Sadeng
Pantai Sadeng terletak di pantai selatan wilayah Gunungkidul berjarak + 40 Km dari Wonosari, terdapat Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang dikenal dengan PPI Sadeng yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu juga terdapat perkampungan nelayan dengan segala aktifitasnya, wisatawan dapat membeli beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Pantai Glagah atau Congot
Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum bus atau micro - bus jurusan Yogyakarta-Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju pantai Glagah. Dari persimpangan jalan ini, para pengunjung yang tidak mem-bawa kendaraan sendiri dapat meminta jasa “ojek”, yakni membonceng kendaraan bermotor beroda dua. Bagi para pecinta hiking, menempuh jarak tersebut dengan jalan kaki merupakan perjalanan yang sehat dan mengasyikkan.

Pemerintah Daerah setempat telah membangun kawasan pantai ini dengan berbagai fasilitas seperti taman rekreasi, kolam pemancingan dan bumi perkemahan. Di sungai Serang di tempat ini, para penggemar olahraga bisa memperoleh sarana olahraga dayung (canoe).

Pantai Congot berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pantai Glagah, kedua pantai tersebut telah dihubungkan dengan jalan beraspal.

Pantai Trisik
Pantai ini terletak lebih kurang 37 kilometer dari kota Yogyakarta dan dapat dicapai melalui Palbapang. Dari simpang Palbapang ini kemudian membelok ke arah Srandakan, kemudian dilanjutkan ke daerah Brosot dengan melintasi jembatan yang melintang di atas sungai Progo sepanjang lebih kurang 600 meter. Dari daerah Brosot, perjalanan sepanjang 5 kilometer ke arah pantai Trisik dapat dicapai dengan sarana transport lokal yang berupa dokar atau andhong (sado, kereta kuda khas Yogya). Jarak Yogyakarta - Trisik ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum micro bus sampai ke pantai.

Pantai Trisik merupakan kawasan wisata yang menarik, utamanya bagi para pemancing ikan, karena di sungai (terusan) Gunsairo yang terdapat didaerah banyak dihuni ikan - ikan besar.

Waduk Sermo
Obyek wisata Waduk Sermo terletak di desa Hargowilis kec. Kokap. Jarak dari Yogyakarta 36 km. ke arah barat dan 6 km. dari kota Wates. Waduk ini merupakan satu-satunya waduk di propinsi D.I.Y. yang mempunyai luas genangan 157 Ha.

Bentuk waduk yang berkelok-kelok dan dikelilingi bukit-bukit merupakan keindahan tersendiri yang dapat dinikmati dengan menggunakan perahu motor.

Bagi yang menyukai ikan segar dapat membeli di karamba atau memancing. Sedangkan yang menyukai masakan ikan segar, tersedia warung apung yang menyajikan ikan goreng dan bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar